Kamis, 30 Maret 2017

REVIEW JURNAL 12 “PERPAJAKAN INTERNASIONAL DAN PENETAPAN HARGA TRANSFER”


Nama Jurnal
 -
Volume / Halaman
 -
Nama Penulis
Tri Marta Chandraningrum
Judul Jurnal
PENGARUH TRANSFER PRICING TERHADAP PERENCANAAN PAJAK BAGI PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Tanggal Jurnal
 -
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh Trasnsfer Pricing terhadap perencanaan pajak bagi perusahaan multinasional
Metode Penelitian
 -
Variabel Penelitian
 Variabel dependen : Perencanaan Pajak
Variabel Independen : Transfer Pricing
Hasil Penelitian
Perusahaan multinasional memiliki keunggulan tertentu atas perusahaan yang murni domestic karena fleksibilitas geografis lebih besar dalam menentukan lokasi produksi dan sistem distribusi. Perusahaan multinasional dapat menggunakan transfer pricing yang lebih renah dari arm’ length price untuk tujuan mengefisienkan beban pajak atau menggunakan harga yang lebih tinggi dari arm’s length price. Banyak permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan multinasional dalam perencanaan perpajakannya yang berbeda dengan yurisdiksi pajaknya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah perusahaan multinasional memecah-mecah penghasilan dan biaya yang dialokasikan di berbagai yurisdiksi untuk menghindari adanya pajak berganda, melalui perjanjian penghindaran pajak berganda. Penghindaran pajak berganda dapat dihindari dengan: 1) penghasilan 11 yang dikenakan sebaiknya hanya satu negara saja; 2) perhitungan untuk kredit pajak dapat dilakukan dengan pajak yang terutang. Pajak berganda dapat dikurangi dengan banyak berbagai cara melalui kredit pajak (tax credit), perjanjian perpajakan (tax treaties), surga pajak (tax havens), pengecualian pajak (tax exemption) dan prinsip penangguhan (the deferral principle).

Terdapat dua tujuan dari transfer pricing yaitu performance evaluation dan Optimal Determination of taxes. Perbedaan tersebut disebabkan oleh berbagai factor, yaitu apabila suatu Negara mengalami tingkat investasi rendag, maka tariff pajak Negara tersebut juga rendah. Tetapi jika sebuah negara mengalami tingkat investasi yang tinggi, yang dibuktikan dengan tingkat pertumbuhan badan usaha yang semakin meningkat. Dasar inilah tarif pajak yang ditetapkan di negara yang bersangkutan tinggi.

Menurut perusahaan multinasional, transfer pricing adalah alat yang sering digunakan untuk memobilisasi laba rugi. Sebab akan menjadi dasar pertimbangan untuk memilih metode tersebut karena prinsip tersebut menepatkan perusahaan dari satu grup dalam kondisi yang sama dengan perusahaan yang independen sehingga faktor yang menguntungkan ataupun yang merugikan dapat dihilangkan.
Kesimpulan Penelitian
Praktek transfer pricing dalam perusahaan multinasional ini adalah cara yang bertujuan utuk menekan pajak yang nantinya perusahaan dapat menghemat pajak dengan merelokasikan penghasilan global yang low tax countries dan menggeser bebasn dalam jumlah besar ke dalam big tax countries. Pengaruh transfer pricing juga harus memperhatikan undang-undang perpajakan dalam hal menentukan harga transfer.
Terdapat tiga metode yang sering digunakan sebagai dasar penetapan transfer pricing, yaitu: (a) Penentuan harga transfer atas dasar biaya (Cost BasedTransfer pricing); (b) Penentuan harga transfer atas dasar harga pasar (Market Based-Transfer pricing); (c) Negosiasi (Negotiated Transfer pricing).

Untuk arm’s length price wajib pajak dengan otorisasi pajak harus melakukan penyesuaian harga tranasfer, yang dikenal dengan kesepakatan transfer pricing. Transfer pricing dilakukan berdasarkan harga pasar yang tidak memiliki implikasi perpajakan, apabila tidak menggunakan harga pasar maka umumnya akan terjadi pemindahan penghasilan. Dengan adanya pemindahan penghasilan tersebut maka pajak yang dibayar secara keselurahan akan lebih rendah. Sehingga, total laba pajak secara keseluruhan akan lebih besar dibanding kalau perusahaan tidak menggunakan transfer pricing.
Pendapat Mengenai Jurnal
 Pada jurnal ini hanya dijelaskan metode yang dapat digunakan dalam transfer pricing pada suatu perusahaan multinasional.

Jurnal ini tidak memuat metode yang dipakai serta hasil dari penelitian ini kurang jelas. Sehingga pembaca tidak benar-benar paham tentang penelitian yang ditulis.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Efenni Prima Canceria Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template